5 Cara Hebat Mendidik Anak dalam Ajaran Agama Islam

Dummy

Seperti yang kita ketahui bahwa anak adalah anugrah yang diberikan Allah SWT, dan semua orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang soleh dan soleha. Namun mendidik anak bukanlah suatu hal yang mudah karena bila apabila kita salah dalam mendidik anak bukan tidak mungkin justru kita sendiri yang akan terjerumus kedalam api. Sebenarnya dalam islam banyak cara yang bisa kita terapkan untuk mendidik buah hati tercinta.

Namun yang perlu kita ingat adalah orang tua merupakan contoh bagi anak-anaknya. Maka mendidik seoarang anak harus dimulai dari orang tuanya pula, dengan kata lain orang tua harus menjadi suri tauladan yang baik bagi sang anak. Nah daripada tamabah penasaran, berikut 5 cara hebat mndidik anak dalam ajaran islam.

  1. Menanamkan tauhid dan aqidah

Yang dimaksud dengan tauhid adalah mempercayai bbahwa allah itu esa. Sedangkan aqidah adalah iman yang teguh dan pasti tanpa keraguan sedikitpun untuk meyakini bahwa allah itu esa. Sebagai orang tua yang baik, kita bisa memperkenalkan hal ini dengan cara yang cukup sederhana misalnya menceritakan sejarah agama islam dengan memberikan contoh-contoh, membacakan kisah-kisah nabi, serta cerita islam yang dikemas khusus untuk anak-anak. Wahhh.

  1. Mengajarkan anak untuk melaksanakan ibadah

Selain mengenalkan islam, mengajarkan pendidikan tauhid serta aqidah hendaknya kita sebagai orang tua juga harus mengajarkan kepada anak kita untuk beribadah sesuai dengan ajaran islam. Hal ini bisa dimulai dengan mengenalkan tata cara bersuci, shalat, puasa, serta beragam ibadah lainnya. Dengan begitu sedikit demi sedikit anak akan mulai paham.

  1. Mendidik anak dengan berbagai adab dan akhlak yang mulia

Didiklah anak kita dengan adab dan akhlak yang mulia, karena sebagai orang tua kita diwajibkan mengajari anak dengan berbagai macam adab islam dan sesuai sunnah Rasulullah SAW. Seperti makan menggunakan tangan kanan, mengucapkann basmallah sebelum makan, menjaga kebersihan, mengucapkan salam dan sebagainya. Begitu pula dengan akhak, tanamkan kepada anak mengenai bersikap dan berkata jujur, berbakti kepada orang tua, dermawan, serta menghormati orang yang lebih tua daripada kita.

  1. Melarang anak dari berbagai perbuatan yang diharaman

Ini adalah sesuatu yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Sedini mungkin anak juga perlu diperingatkan dari berbagai macam perbuatan yang tidak baik dan diharamkan. Seperti berjudi, minum khamer, mencuri, dll. So, hindarkan anak kita dari perbuatan tersebut ya guys.

  1. Kenalkan Anak Pada Alam

Mengenalkan anak pada alam akan membuat anak mengerti bahwa kehidupan ini begitu luas. Tidak hanya terdiri dari manusia saja. Melainkan masih ada makhluk ciptaan tuhan lainya. Kenalkan dengan cara bermain bersama, bisa melalui outbound dan lainya. Tak perlu takut bila anak nanti jadi kotor. Anda bisa siapkan produk personal care untuk menjaga kebersihan anak setelah bermain, perawatan tubuh anak DOREMI THOMAS & FRIENDS bisa jadi pilihan terbaik. sebab produk ini mengandung pro vit b5 dan extract aloevera yang bagus untuk anak, juga memiliki busa berlimpah yang lembut. Ditambah karakter Thomas & Friends pasti diidolakan si kecil.

Anak yang hebat dan berkarakter tentu adalah impian setiap orang tua. Oleh karena itu, ada baiknya kita mempersiapkan berbagai kebutuhan si Kecil agar lebih bersemangat menemukan berbagai hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *