Menakhlukan Soal SBMPTN dengan Cara ini

Buat anak kelas tiga SMA kayak aku gini, Ujian Nasional bukan satu-satunya beban yang harus dihadapi, namun masih ada Ujian SBMPTN yang siap menanti. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN adalah ujian yang paling diantisipasi oleh siswa kelas tiga SMA. 

Setelah menyelesaikan Ujian Nasional, semua siswa kelas tiga harus lebih belajar ekstra untuk bisa lulus di Ujian SBMPTN. Semua siswa pun berlomba-lomba belajar mulai dari membeli Bank Soal SBMPTN hingga mengikuti dan mendaftar bimbel.

Aku baru aja lulus SMA tahun kemarin, dan yang lebih membahagiakan lagi, aku juga lulus dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri favorit di Depok. Itu semua berkat hasil belajar aku selama hampir setahun sebelum Ujian Nasional. 

Nahhh.. aku mau ngasih tau nih cara yang jitu agar kamu bisa sukses Ujian Nasional dan Ujian SBMPTN kayak aku. Simak dan baca sampai selesai ya.

  1. Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Ini wajib banget sih kamu lakuin sebelum kamu melakukan sesuatu, supaya lebih berkah dan lancar sampai tujuan. Selain usaha,tentunya harus diiringi juga dengan doa kepada sang pencipta.
  2. Yang kedua adalah Mendaftar di Bimbel yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan belajar. Sudah banyak sekali bimbel yang ada di Jakarta, kamu bisa pilih salah satu yang menurut kamu paling sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dan inginkan. 
  3. Rajin mengulang pelajaran dari sekolah dan bimbel. Hal ini tentu dapat mempermudah kamu mengusai materi sedikit demi sedikit. Daripada kamu belajar sekaligus banyak, dan itu menurut aku sangat tidak efektif. Meskipun ada juga orang yang justru belajar ketika dekat dengan ujiannya, semua tergantung dengan diri kamu sendiri.
  4. Rajin mengerjakan soal latihan, terutama materi yang paling sulit kamu pahami. Karena saat kamu sering mengerjakan soal latihan, maka kamu akan otomatis terbiasa dengan banyak tipe soal yang mungkin akan muncul di Soal SBMPTN.
  5. Rajin ikut Try out. Ini juga sama pentingnya dengan sering membahas soal latihan. Dengan sering menyelesaikan soal-soal, maka kamu akan akrab dengan segala jenis soal nantinya.

Itu 5 hal yang aku lakuin saat mempersiapkan Ujian SBMPTN. Membedah Soal SBMPTN menjadi kegiatan aku sehari-hari selama setahun terakhir. Aku juga berlangganan Ruangguru untuk membantu aku dalam belajar dan memecahkan masalah-masalah yang aku temui saat belajar. Ruangguru memberikan banyak kemudahan buat aku, diantaranya adalah berbasis online sehingga aku tidak perlu pergi ke tempat bimbel yang bisa memakan banyak waktu yang berharga. 

Belajar Online di Ruangguru aku bisa mendapatkan empat poin dari lima poin diatas. Jadi aku gak perlu repot lagi untuk mencari latihan-latihan soal, try out dan ringkasan materi dari sumber-sumber lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *