Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Menjadi Ibu Baru

Bagi anda pasangan yang sedang menanti proses kelahiran, pastinya sangat bingung akan banyak hal. Kebingungan yang anda alami wajar sekali mengingat anda baru saja akan mempunyai anak pertama. Tetapi jangan sampai kebingungan yang anda alami menjadi hal yang tidak menyenangkan dan menyebabkan stress. Untuk itu sebaiknya anda mewaspadai banyak hal agar tidak stress ketika proses persalinan. Kemudian setelah bayi lahir, anda juga akan dihadapkan sesuatu yang baru. Rutinitas anda akan berubah. Kemudian aktivitas sehari-hari anda pasti terganggu. Maka sebagai ibu baru, anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Ikut Komunitas Ibu Dan Anak

Hal yang bisa anda lakukan ketika anda menjadi ibu baru adalah ikut komunitas ibu dan anak. Komunitas ibu dan anak banyak sekali tersebar di beberapa kota. Di kota Jakarta saja banyak sekali komunitas ibu dan anak. Manfaat ikut komunitas ibu dan anak adalah anda bisa bertukar pikiran sesame ibu baru. Bahkan anda bisa bertanya kepada ibu yang sudah mempunyai anak lebih dari satu. Ibu baru ketika mengikuti komunitas ibu dan anak tidak akan merasa tertekan karena merasa ada teman yang mengalami hal yang sama. Maka mulai sekarang dari pada anda bingung bagaimana mengurus anak. Anda bisa ikut komunitas ibu dan anak.

  • Melakuka ME Time

Hal yang selanjutnya bisa anda lakukan selain bergabung bersama komunitas ibu dan anak, anda bisa melakukan me time. Me time adalah kegiatan dimana hanya melibatkan diri anda sendiri. Anda tidak perlu memikirkan mengurus bayi dan sebagainya. Tetapi anda harus tetap menitipkan bayi anda pada orang terpercaya seperti ibu atau juga suami anda. Anda bisa melakukan kegiatan apa saja selama me time. Sesuai dengan hobi dan juga keinginan anda. jika anda ingin berbelanja, maka lakukan. Kemudian anda ingin melakukan hobi anda untuk berolahraga, sebaiknya juga dilakukan segera. Tetapi yang harus anda ingat ketika melakukan me time adalah tidak menelantarkan anak anda.

  • Percaya Pada Diri Sendiri

Hal selanjutnya yang bisa anda persiapkan untuk menjadi ibu baru adalah percaya bahwa anda bisa melakukannya. Menjadi ibu baru, yang sebelumnya belum pernah merngurus bayi. Pastinya menajdi tekanan tersendiri. Banyak sekali yang membuat emosi menjadi tidak stabil. Salah satunya banyak sekali orang yang memberi saran dan juga mengkritik. Jika anda merasa kritikan tersebut terlalu membuat anda emosi, sebaiknya anda abaikan saja. Kemudian usahakan untuk tidak kemakan dengan yang mereka katakana. Kemudian anda percaya saja dengan apa yang anda yakini. Misalnya menurut anda menggunakan bedong itu tidak dibutuhkan. Anda lakukan saja dengan tidak membedong anak.

Hal-hal di atas perlu anda untuk lakukan ketika menjadi ibu baru. Hal ini dikarenakan ibu baru membutuhkan banyak pengetahuan. Maka anda wajib mengikuti komunitas ibu dan anak sehingga anda merasa mempunyai teman yang sama. Selain itu juga anda bisa melihat beberapa video yang memperlihatkan bagaimana kehidupan ibu baru. Jadi anda merasa bahwa anda tidak sendiri. Setiap orang memiliki hal yang berbeda, jadi anda tidak perlu merasa sendiri. Anda juga sebaiknya melihat tutorial di youtube jika anda tidak tahu makanan apa yang akan anda buat untuk bayi misalnya. Jadi semuanya tidak perlu terlalu dipikirkan, lakukan semua dengan santai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *