Tiga Penjaga Gawang Terbaik di Indoneisa

Andai Liga 1 Bergulir Tanpa Suporter, Wawan Hendrawan: Dije Gen Bani!

Kiper atau penjaga gawang merupakan salah satu posisi dalam tim sepak bola. Posisi ini adalah posisi yang paling khusus dari semua posisi yang ada di sepak bola. Kiper adalah satu-satunya pemain di permainan sepak bola asosiasi yang diizinkan memakai tangan mereka ketika bermain untuk mengendalikan bola, selain saat pemain melempar-in. Dalam hukum permainan bola yang aslinya kiper dimungkinkan bisa untuk menangani bola di setengah lapangan ketika ia bermain.

Tapi hokum ini sudah direvisi pada tahun 1912,  dilakukan pembatasan penggunaan tangan oleh kiper di area penalti. Ketika bermain, kiper biasanya bermain di antara tiang gawang dan memiliki mobilitas yang terbatas, kecuali ketika mencoba menyelamatkan tembakan dari lawan. Semakin sini kiper telah berkembang, karena perubahan sistem bermain agar mempunyai peran yang lebih aktif lagi. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa penjaga gawang atau kiper terbaik. Berikut adalah beberapa kiper terbaik di Indonesia

  1. Wawan Hendrawan

Wawan Hendrawan merupakan kiper yang sudah berhasil membawa kesuksesan Bali United meraih gelar Sepakbola Nasional pada tahun 2019 lalu. Wawan Hendrawan tampil sebanyak 31 kali untuk membela Bali United di Liga 1 2019. Kemudian ia berhasil mencatatkan Skor Sepakbola 12 clean sheets. Sehingga Bali United menjadi juara di Liga 1 2019 dengan meraih 64 poin. Penampilannya itu sudah berhasil memenangkan penghargaan kiper terbaik 2019 versi Indonesia Soccer Awards.

  1. Jendri Pitoy

Menurut Bola Nusantara, Jendri Pitoy telah meraih puncak kesuksesan ketika ia berada di Persipura Jayapura. Dia berhasil menampilkan penampilan terbaik dan menyumbang dua gelar liga pada 2005 dan 2008-2009. Penampilannya di gawang membuat Jendri Pitoy berhasil menembus skuad Timnas Indonesia.

  1. Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa Adalah seorang pemain Timnas Sepakbola Indonesia Bermain sebagai Kiper dan juga seorang kapten di Liga 1 club Persija Jakarta Dan di Timnas Indonesia. Ketika tahun 2017 dan 2018, Andritany Ardhiyasa telah berhasil mendapatkan dua penghargaan individu sebagai kiper terbaik. Pada Liga 1 2018, dia tampil sebanyak 19 dan berhasil mencatatkan tujuh kali clean sheet untuk Persija Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *